Cara Membuat Pages / Halaman Statis di WordPress

Membuat halaman statis atau pages diwordpress sangatlah mudah layaknya seperti membuat sebuah posts / artikel. Jika kamu sebelumnya sudah mengetahui cara untuk membuat sebuah artikel post di blog worpdress maka kamu tidak akan menemukan kesulitan untuk membuat  halaman pages ini.

Sebelum saya mulai menjelaskan panduan cara membuat halaman statis/pages  di wordpress, saya ingin menjelaskan dulu sedikit tentang apa yg dimaksud dengan halaman/pages, dan apa perbedaan halaman/pages ini dengan posts/artikel.

Pages/Halaman Statis dapat kamu gunakan untuk berbagai hal. Untuk blog agungarifin.com ini, saya pribadi menggunakan pages/halaman statis untuk membuat halaman “About Me“, “Photos“, “Free Ebook“, “Blogroll“, dsb. Perbedaan antara pages dan posts adalah, pages tidak diurutkan melalui tanggal atau berdasarkan entry blog. Pages adalah halaman yg independen yg bisa kamu tambahkan pada bagian atas (top bar) atau sidebarmu dengan tujuan agar halaman tersebut tetap sticky (tetap ada) tanpa tergantikan dengan halaman yg baru bila kamu menambah pages baru. Tidak seperti artikel post, posts terbaru biasanya akan muncul paling atas menggantikan posisi post yg kamu buat sebelumnya.

Sudah mengerti apa yg dimaksud dengan pages? Nah, saatnya praktek untuk membuatnya.

Langkah 1

Login ke blog wordpress, lalu buka dashboard. (cara login: buka http://www.wordpress.com, lalu disudut atas kiri masukan nama user dan password wordpressmu, klik tombol Log In, lalu arahkan mouse ke “My Blog” dan klik “Dashboard”.

 

Langkah 2

Setelah halaman Dashboard terbuka,  cari dan lihat pada bagian sebelah kiri halaman dasboard, maka kamu akan menemukan beberapa menu Dashboard seperti: Dashboard, Upgrade, Posts, Pages, Media, Links, Comments, Appearance, dsb.  Pilih dan klik: “Post – Add New” seperti gambar berikut ini:

 

Langkah 3:

Halaman text editorpun akan terbuka. Disinilah tempat kamu akan membuat pages blogmu.  Untuk menuliskan sebuah pages, sama caranya dengan membuat sebuah artikel post. Hal yg perlu kamu lakukan pertama kali nya adalah menuliskan judul halaman, lalu dibawahnya terdapat kotak untuk menulis halaman pagesmu seperti gambar dibawah ini:

 

Langkah 4:

Setelah menulis isi pages, sekarang pages tersebut sudah siap untuk di publikasikan atau diisi ke  halaman blogmu. Cara untuk mempublikasikan pages ke blog adalah dengan klik tombol “Publish” yg berada disebelah kanan text editor tempat kamu menulis pages seperti gambar dibawah ini:

 

Langkah 5:

Selamat, Blog kamu sekarang sudah memiliki sebuah pages/halaman statis baru. Nah, untuk melihat bagaimana pages yg kamu buat terlihat di tampilan halaman depan blog kamu, buka saja alamat url (domain) blog wordpress kamu  http://domainblogmu.wordpress.com. atau dengan cara klik judul blogmu pada sudut kiri atas dashboard/tempat menulis artikel seperti gambar dibawah ini:

 

Begitulah cara singkat untuk membuat sebuah pages/halaman statis di blog wordpress. Kamu dapat membuat banyak pages sesuai keinginan dan keperluan kamu tanpa batas, namun saran saya gunakanlah halaman pages bila ingin membuat sesuatu yg menjadi sticky (penting) seperti halaman tentang saya, contact, photo gallery, daftar links, dsb.

Selanjutnya saya akan memandu kamu untuk cara menambah gambar/images di dalam artikel posts atau pages di wordpress. Silahkan klik dan baca: “Cara menambah gambar di dalam artikel blog WordPress”.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s